Recount Text Full Materi dan Contoh Terbaru beserta Terjemahannya

Recount Text Full Materi dan Contoh Terbaru beserta TerjemahannyaKali ini kita akan mendiskusikan salah satu jenis teks yang ada di dalam bahasa Inggris yaitu text recount. Recount text bahasa inggris merupakan sebuah teks yang bercerita tentang penglaman masa lalu. Disini akan dibahas tentang pengertian recount teks, general structure, ciri kebahasaan, beserta contoh recount text. Contoh recount teks yang akan kami sajikan pada bahasan ini adalah recount text holiday yang banyak pembaca cari. Namun selain contoh teks recount tersebut, kami juga akan menyajikan banyak recount text example dengan berbagai tema.

1. Pengertian Recount Text

Recount text adalah salah satu jenis teks bahasa inggris yang digunakan untuk menceritakan kembali tentang kejadian atau pengalaman yang sudah berlalu. Tujuan dari recount text adalah untuk memberi informasi atau untuk menceritakan dan menghibur pembaca.

2. General Structure (Susunan Umum Paragraf Recount Text)

Recount text memiliki tiga bagian sebagai general structure dari teks ini. Ketiga bagian itu adalah; Orientation, Events, dan Reorentation.
a. Orientation;
Yaitu pengenalan yang mencakup informasi tentang siapa yang terlibat dicerita, dimana, dan kapan kejadian atau pengalaman tersebut terjadi di masa lampau.
b. Events
Yaitu berupa isi kejadian atau pengalaman yang terjadi. Dibagian ini, kejadian diceritakan secara berurutan.
c. Reorentation
Yaitu bagian yang biasanya berisi tentang komentar personal dari si pencerita, dan atau evaluasi dari kejadian yang terjadi.

3. Language Features (Ciri-ciri kebahasaan dari Recount Text)

Berikut ini ciri-ciri kebahasaan pada teks recount:
a. Menggunakan simple past tense. Simple past tense digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang terjadi di masa lalu. Contoh nya: I went to the zoo yesterday, and I was very happy.
b. Menggunakan action verb dalam bentuk V2. Contoh dari action verb bentuk kedua seperti: Went, Walked, Ran, Swam, Dll.
c. Menggunakan adverb tang menunjukan waktu, tempat dan cara. Contoh nya seperti yesterday, last week, in the garden, at school, quickly, dll.
d. Menggunakan conjuction dan penghubung waktu untuk menngurutkan cerita seperti First, Then, After that, Finally, dll

4. Example of Recount Text (Contoh Recount Text)

Dibawah ini kami sertakan contoh dari recount text dalam bahasa inggris yang mungkin bias menjadi referensi bagi teman-teman:
My Last Holiday
Orientation     
Last two weeks I went to Mount Bromo. I stayed at my friend’s house in   Probolinggo, East Java for a night. The house has a big garden with colorful flowers and small pool.
Events            
In the first day, I and my friend saw Mount Batok. The view was very awesome. We rode on horseback while enjoying its beautiful scenery. It was scaring, but we got a lot of fun. Then, we went closer to the peak of the mountain.  We took picture of the beautiful scenery near the peak. After that, we took a rest, and had lunch under big tree.  Before we got home, we went to the zoo at Wonokromo. We went home in the afternoon.
Reorentation
We were very tired. However, I think it was reallyfun to have holiday like this. I hope my next holiday will be more interesting.
Liburan Terakhirku (Dua minggu yang lalu)
Orientasi
Dua minggu lalu saya pergi ke Gunung Bromo. Saya tinggal di rumah teman saya di Probolinggo, Jawa Timur selama satu malam. Rumah itu memiliki taman besar dengan bunga berwarna-warni dan kolam kecil.
Events
Pada hari pertama, saya dan teman saya melihat Gunung Batok. Pemandangan itu sangat mengagumkan. Kami naik kuda sambil menikmati pemandangan yang indah. Pengalaman itu menakutkan, tetapi kami sangat senang. Kemudian, kami pergi lebih dekat ke puncak gunung. Kami mengambil gambar dari pemandangan indah di dekat puncak gunung tersebut. Setelah itu, kami beristirahat, dan makan siang di bawah pohon besar. Sebelum kami pulang, kami pergi ke kebun binatang di Wonokromo. Kami pulang di sore hari.
Reorentation
Kami sangat lelah. Namun, saya pikir menyenangkan sekali untuk memiliki liburan seperti ini. Saya berharap saya liburan berikutnya akan lebih menarik.
Nah demikianlah ulasan tuntas tentang teks recount bahasa Inggris. Bagi sobat berbahasainggris.com yang ingin melihat lebih banyak contoh recount teks, dapat dilihat pada koleksi contoh recount text berikut mulai dari 17 contoh recount text holiday, recount text holiday in beach / contoh recount text holiday in beach, 6 contoh recount text tentang pengalaman pribadi, contohrecount text tentang liburan lebaran, dan contoh recount text biography. Semoga berkenan, untuk melihat lebih banyak contoh monologue text, silahkan klik di sini.

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel