15 Contoh Discussion Text dalam Bahasa Inggris dan Artinya
Minggu, 25 November 2018
Edit
15 Contoh Discussion Text dalam Bahasa Inggris dan Artinya – Contoh text discussion dalam
bahasa Inggris berikut kami susun untuk memenuhi kebutuhan sobat
berbahasainggris.com semua yang sedang mencari contoh tentang Discussion Text.
Teks discussion ini biasanya ditulis untuk mencari satu titik temu diantara dua
sudut pandang dari sebuah topik. Selain itu, yang merupakan ciri khusus dari sebuah
discussion text adalah adanya minimal dua sudut pandang seperti PRO vs KONTRA,
POSITIF vs NEGATIF, dan lain-lain.
Nah,
sebelum terlalu jauh membahas contoh dari teks diskusi dalam bahasa Inggris
ini, pernahkah kamu mendengar istilah Generic Structure, and Linguistic
Features dari teks ini? Untuk itu, contoh discussion text terbaik yang kami
kumpulkan ini akan didahului dengan bahasan tentang Generic Structure, and
Linguistic Featuresnya terlebih dahulu.
Discussion Text Beserta Generic Structurenya
THE PURPOSE
Tujuan
dibuatnya sebuah teks discussion umumnya adalah untuk menhadirkan minimal dua
buah sudut pandang dari sebuah isu. (The purpose of a discussion text in
general is to present at least two points of view of an issue)
GENERIC STRUCTURE
Sebuah
teks discussion umumnya terdiri dari beberapa elemen sebagai berikut:
1.
Issue
Paragraph
ini biasanya berisi uraian singkat tentang isu yang akan dibahas atau
didiskusikan dalam sebuah teks dicussion.
2.
Arguments (For or Against/Pro or Con/Psitive or Negative/ etc.)
Setelah
menyajikan isu, pada paragraf ini penulis menjelaskan beberapa pandangan
positif atau negatif terhadap isu tersebut.
3.
Elaboration
Penulis
biasanya juga memberikan tambahan elaborasi tentang beberapa pendapat pro
ataupun kontra yang telah dipaparkan. Elaborasi berisi kalimat-kalimat penjelas
tentang pendapat pro ataupun kontra yang telah disajikan. Elaborasi ini sangat
dimungkinkan dituliskan pada paragraph tersendiri atau langsung mengikuti inti
pendapat pro atau kontra yang disajikan.
4.
Conclusion atau Recomendation
Bagian
paling akhir akhir dari sebuah teks discussion berisi kesimpulan atau rekomendasi
penulis terhadap isu yang didiskusikan.
LANGUAGE FEATURES
- Fokus
pada hal-hal terkait manusia dan non-manusia.
- Menggunakan
konjungsi bermakna berlawanan semisal but, however, in other side
- Menggunakan
konjungsi akibat/ konsekuensinya (sebab akibat) misalnya: so, then.
- Menggunakan
kata-kata bermakna “berfikir” seperti: think, feel, hope, believe dll.
- Menggunakan
Simple Present.
Contoh Discussion Text Beserta Generic Structure (dan Terjemahannya)
Positive and Negative sides of Full Day School
*ISSUE
Full
day of school is a new education concept implemented in Indonesia. It is the
concept of a full day of learning at school. This concept has been being
implemented in the various levels education ranging from kindergarten to High
School. Full day school reaps many opinions expressed by the people regarding
its positive and negative sides.
*ARGUMENTS
FOR + ELABORATION
On
the positive sides, the full day school (FDS) is intended to emphasize on
in-depth mastery of each subject to students. The goal for increasing students’
mastery and value is always good. Besides, parents do not need to be afraid of
the negative association in children. During a full day school, competent
teachers will always educate and supervise the children well. Furthermore, full
day school usually requires active professional teachers in teaching. Teachers in
full day school are obliged to provide a comfortable learning environment for
children so that the children are motivated to learn.
*ARGUMENTS
AGAINST + ELABORATION
However,
the FDS has some negative sides. Full day school will quickly make the students
bored. Usually, it happens because a full day school conditions the students to
meet quite a lot the subject matters in a day. Moreover, by studying in a full
day school, children playing time and their socialization with families and
neighborhoods will be reduced significantly. As a result, the condition often
leads the children to become arrogant and anti-social.
*CONCLUSION
In
conclusion, the full day school is good for the children’s development if it
can manage a very creative teaching learning process and is able to provide wide socialization
with family and the environment around them.
Sisi Positif dan
Negatif dari Full Day School
*ISU
Full Day School (Sekolah Sehari Penuh) adalah konsep pendidikan baru yang
diterapkan di Indonesia. Ini adalah konsep pembelajaran sehari penuh di
sekolah. Konsep ini telah diterapkan di berbagai tingkat pendidikan mulai dari
TK hingga SMA. Full day school menuai banyak pendapat yang diungkapkan oleh masyarakat
mengenai sisi positif dan negatifnya.
* ARGUMEN MENDUKUNG + ELABORASI
Di sisi positif, Full Day
School (FDS) dimaksudkan untuk menekankan pada penguasaan mendalam dari
setiap mata pelajaran kepada siswa. Tujuan untuk meningkatkan penguasaan dan
nilai siswa selalu baik. Selain itu, orang tua tidak perlu takut dengan pergaulan
negatif pada anak. Selama Full Day School,
guru yang kompeten akan selalu mendidik dan mengawasi anak-anak dengan baik.
Selain itu, Full Day School biasanya
mesyaratkan guru yang profesional dan aktif dalam mengajar. Guru di Full Day School berkewajiban untuk menyajikan
lingkungan belajar yang nyaman bagi anak-anak sehingga anak-anak termotivasi
untuk belajar.
* ARGUMEN MENENTANG + ELABORASI
Namun, FDS memiliki beberapa sisi negatif. Full Day School akan cepat membuat para siswa bosan. Biasanya, itu
terjadi karena Full Day School mengondisikan
para siswa untuk bertemu cukup banyak materi pelajaran dalam sehari. Selain
itu, dengan belajar di sekolah sehari penuh, waktu anak-anak bermain dan bersosialisasi dengan
keluarga dan lingkungan akan berkurang secara signifikan. Akibatnya, kondisi
itu sering membuat anak-anak menjadi arogan dan anti-sosial.
*KESIMPULAN
Sebagai kesimpulan, Full Day
School baik untuk perkembangan anak-anak jika dapat mengelola proses
belajar mengajar yang sangat kreatif dan mampu memberikan ruang sosialisasi
yang luas dengan keluarga dan lingkungan di sekitarnya.
![]() |
15 Contoh Discussion Text dalam Bahasa Inggris dan Artinya |
Example of Discussion Text for Senior High School
Pros and Cons of Having A Girlfriend / Boyfriend in
Senior High School
When
senior high school students think of relationships, they typically think of the
easy days and the endless amounts of love and affection. What they tend to
forget is that relationships aren't always easy. Although I have no current
experience of having girlfriend in senior high school, I’ve found that there
are some truths which conclude how great or how awful senior high school
relationships can be.
The
positive side of having boyfriend or girlfriend when you are in senior high
school is that you get a best friend. Having someone special at the time of a
big transition in your life can be really helpful. You always know that there
is a good listener you can tell and share anything to. No matter how hard your
day was, now you know that there is always someone loving you sincerely. Having
a best friend that you aren’t romantically involved with can give you the same
things, but when it is someone you are romantically involved with, it’s a lot
more personal.
Nevertheless,
there are also some negative effects that you may face if you have boyfriend or
girlfriend in senior high school. It is good to have that kind of person in senior
high school, but by chance you broke up with her/him in the middle of the senior
high school period, it will create a big deal problem to both of you
(especially to the girl). In addition, friends will start going away from you
due to that girls or boys because you will not listen to them anymore. Surely
it will waste your money, ohh I forgot to write “Your Dad’s money”. You will be
forced to waste more money because you will have more activities to do with
your girlfriend or boyfriend such as going to cinema, shopping, traveling, etc.
So,
i think there will be so many points to weigh about before you decide to have a girlfriend or boyfriend in
senior high school. If you decide to have this kind of relationship then you
have to be ready to encounter those bad effects.
Pro dan Kontra Memiliki Pacar di Sekolah Menengah Atas
Ketika siswa SMA berpikir tentang hubungan (pacaran), mereka biasanya memikirkan
hari-hari yang mudah dan penuh cinta dan kasih sayang. Apa yang cenderung
mereka lupakan adalah bahwa hubungan itu tidak selalu mudah. Meskipun saya
tidak memiliki pengalaman memiliki pacar di sekolah menengah atas, saya telah
menemukan bahwa ada beberapa kebenaran yang menyimpulkan seberapa hebat atau
seberapa parahnya hubungan pacaran saat SMA ini dapat terjadi.
Sisi positif dari memiliki pacar ketika Anda di sekolah menengah
adalah bahwa Anda mendapatkan teman terbaik. Memiliki seseorang yang istimewa
pada masa transisi besar dalam hidup Anda, bisa sangat membantu. Anda selalu
tahu bahwa ada pendengar yang baik yang dapat Anda beri tahu dan berbagi apa
pun. Tidak peduli seberapa keras harimu dulu, sekarang kamu tahu bahwa selalu
ada seseorang yang mencintaimu dengan tulus. Memiliki teman terbaik yang tidak
terlibat secara romantis dapat memberi Anda hal yang sama, tetapi ketika itu
adalah seseorang yang dekat dengan Anda secara romantis (pacar), itu jauh lebih
terasa personal.
Namun demikian, ada juga beberapa efek negatif yang mungkin Anda
hadapi jika Anda memiliki pacar di sekolah menengah atas. Adalah baik untuk
memiliki orang semacam itu di sekolah menengah atas, tetapi saat kebetulan Anda
putus dengan dia di pertengahan periode sekolah menengah atas, ini akan
menciptakan masalah besar bagi Anda berdua (terutama bagi si gadis). Selain
itu, teman-teman akan mulai menjauh dari Anda karena anak perempuan atau laki-laki
(pacar Anda) itu karena Anda tidak akan mendengarkan mereka (teman-teman Anda)
lagi. Tentunya itu juga akan membuang-buang uang Anda, ohh saya lupa menulis
“Uang Ayah Anda”. Anda akan dipaksa untuk membuang lebih banyak uang karena
Anda akan memiliki lebih banyak kegiatan yang harus dilakukan dengan pacar Anda
seperti pergi ke bioskop, berbelanja, bepergian, dll.
Jadi, saya pikir akan ada banyak poin yang harus dipertimbangkan
sebelum Anda memutuskan untuk memiliki pacar di sekolah menengah atas. Jika
Anda memutuskan untuk memiliki hubungan semacam ini maka Anda harus siap
menghadapi efek buruk tersebut.
Positive
And Negative Effect of Sitting in tha Backseat for Student
Which row do you like best to sit in
the class? Front row, middle, or back row? Based on my experience, the back row
in the class was the most favorite one. However, does sitting in the back row
give more positive or negative effects? Here are the
pros and cons to where you sit in a back
row in classroom.
For those who support sitting in the
back row, the back row is the most comfortable seat because the position can
hardly be supervised clearly by the teacher. The back row is
usually ideal for students
who are considered to be sleepers, social media users, online shoppers,
homework tardiness, and red zone watchers
in the class. They
can get away with anything back there.
Even though the back row is the most
favorit position for some students, it actually gives many disadvantages. By
sitting in the back row, you
ere not aware of the professor’s subtle hint about the quiz next week. Besides, for those who
have bad eyesight, they may have permanent wrinkle lines from squinting along teaching learning process.
In conclusion, sitting in the back row
can be seen as advantage or disadvantage for some people. Thus, before sitting
in the back row you should consider those points well.
Dampak Positif dan
Negatif Duduk di Kursi Belakang bagi Murid
Baris mana yang paling Anda sukai untuk duduk di kelas? Baris
depan, tengah, atau belakang? Berdasarkan pengalaman saya, barisan belakang di
kelas adalah yang paling favorit. Namun, apakah duduk di baris belakang
memberikan lebih banyak efek positif atau negatif? Berikut adalah pro dan
kontra ketika Anda duduk di barisan belakang di kelas.
Bagi mereka yang mendukung duduk di barisan belakang, barisan
belakang adalah tempat duduk paling nyaman karena posisinya hampir tidak dapat
diawasi dengan jelas oleh guru. Baris belakang biasanya ideal untuk siswa yang
dianggap sebagai orang yang suka tidur, pengguna media sosial, pembelanja
online, siswa yang suka terlambat membuat pekerjaan rumah, dan pengamat zona
merah di kelas. Mereka berbuat apa pun di belakang sana.
Meskipun baris belakang adalah posisi yang paling favorit untuk
beberapa siswa, itu sebenarnya memberikan banyak kerugian. Dengan duduk di
barisan belakang, Anda tidak menyadari petunjuk guru (dengan suara pelan)
tentang kuis minggu depan. Selain itu, bagi mereka yang memiliki penglihatan
yang buruk, mereka mungkin memiliki garis kerut permanen (di sekitar mata) dari
menyipit sepanjang proses belajar mengajar.
Kesimpulannya, duduk di baris belakang dapat dilihat sebagai
keuntungan atau kerugian bagi sebagian orang. Jadi, sebelum duduk di barisan
belakang, Anda harus mempertimbangkan poin-poin tersebut dengan baik.
BACA JUGA:
6 Contoh Discussion Text Pendek dan
Terjemahannya
Nah, demikian kiranya beberapa contoh
teks dikusi dengan berbagai tema yang telah tim kami sajikan. Semoga contoh
teks discussion dalam bahasa Inggris dan terjemahannya dalam artikel ini dapat
memberikan panduan yang dapat banyak membantu Anda memahami text tersebut.