Contoh Explanation Text tentang Hujan dan Global Warming beserta Artinya

Contoh Explanation Text tentang Hujan dan Global Warming beserta Artinya – Sobat berbahasainggris.com, kalau pada contoh eksplanation teks sebelumnya kita seudah membahas tentang how corruption happens, how to build confidence, how snow happens, dan how rainbow occurs, pada pembahasan contoh teks explanation kita kali ini kita akan membahas tentang bagaimana terjadinya global warming dan bagaimana hujan bisa turun ke bumi.

Contoh Explanation Text tentang Hujan dan Global Warming
Contoh Explanation Text tentang Hujan dan Global Warming

Contoh Explanation Text Global Warming dan Terjemahannya

How Global Warming Happens
Every human controls their bodies’ temperature by dressing heavily when it is cold and dressing lightly when it is hot. Wearing a thick coat on a warm spring day would make anyone feel hot. In the same way, our mother earth has also its own clothes to control the temperature. This role is played by the atmosphere, invisible to us, wrapping around the earth. Without the earth's atmosphere, the air temperature on the earth's surface would be far below zero.
But nowadays, the role of the atmosphere is threatened by carbon dioxide. The carbon dioxide becomes one of gases which is causing all the fuss now. The carbon dioxide we discharge in our daily activities such as when we burn fuels like e.g. oil, natural gas, diesel, organic-diesel, petrol, organic-petrol, ethanol becomes a constituent in the atmosphere. Every time we release carbon dioxide, it means that we put more clothes on the earth, leading to increased temperatures in the air from the ground surface up to an altitude of almost 20 kilometres.
The increased temperatures happen because carbon dioxide in our atmosphere allows sunshine to penetrate to the surface of the earth so that it warms the earth. Unfortunately, when the heat is radiated back to the space most of the ongoing heat is absorbed by the carbon dioxide in the atmosphere and re-emitted back to the earth. Therefore, global warming happens in our motherland now.

Bagaimana Global Warming Terjadi
Setiap manusia mengendalikan suhu tubuh mereka dengan berpakaian tebal saat dingin dan berpakaian tipis saat sedang panas. Mengenakan mantel tebal pada musim semi yang hangat akan membuat orang merasa panas. Dengan cara yang sama, bumi pertiwi kita juga memiliki pakaian sendiri untuk mengendalikan suhu. Peran ini dimainkan oleh atmosfer, yang tak terlihat oleh kita, membungkus bumi. Tanpa atmosfer bumi, suhu udara di permukaan bumi akan jauh di bawah nol derajat.
Tapi saat ini, peran atmosfer terancam oleh karbon dioksida. Karbon dioksida menjadi salah satu gas yang menyebabkan semua kerepotan sekarang ini. Karbon dioksida yang kita keluarkan dari kegiatan sehari-hari kita seperti saat kita membakar bahan bakar seperti misalnya. Minyak, gas alam, diesel, diesel organik, bensin, bensin organik, etanol menjadi unsur penyusun atmosfer. Setiap kali kita mengeluarkan karbon dioksida, berarti kita meletakkan lebih banyak pakaian di bumi ini, yang menyebabkan suhu meningkat di udara dari permukaan tanah sampai ketinggian hampir 20 kilometer.
Suhu yang meningkat terjadi karena karbon dioksida di atmosfer kita, memungkinkan untuk sinar matahari menembus ke permukaan bumi sehingga menghangatkan bumi. Sayangnya, saat panas tersebut dipancarkan kembali ke angkasa sebagian besar panas yang ada diserap oleh karbon dioksida di atmosfer dan dipancarkan kembali ke bumi. Karena itu, pemanasan global terjadi di bumi kita sekarang ini.

Contoh Teks Explanation tentang Hujan dan Artinya

How does Rain Fall?
I am sure that all of us have ever heard the word "RAIN". Rain is droplets that descend from the sky after passing through several phases. Have you guys known about how the rain happens? We will discuss the process of rainfall in the following explanation.
It is known that all water in the ground surface will flow to the lowest point of the sea. At sea, the water is exposed to the heat of the sun so that evaporation occurs. This evaporation makes the liquid water to be transformed into water vapor so that the vapors can hover in the air. The steam continues to move upwards, and gathered together with each other. The longer, the more water vapor gathers. Clot of water vapor is what we often call as the cloud.
Water vapor that continues rising to the higher atmospheric layer will experience cooling so that there is a change of form from water vapor into water points. The water points are getting bigger and reach saturated condition. Saturation conditions occur when the clouds are no longer strong enough to hold a large amount of water points. Then, it goes down in the form of rain. So, the rain automatically occurs because the cloud has passed its saturation point, and of course it is influenced by the gravitational force of the Earth.
Bagaimana Hujan Turun?
Saya yakin bahwa kita semua sudah pernah mendengar kata “HUJAN”. Hujan merupakan tetesan air yang turun dari langit setelah melewati beberapa fase. Sudahkah kalian tahu tentang bagaiana terjadinya hujan? Kita akan membahas proses terjadinya hujan pada penjelasan berikut ini.
Telah diketahui bahwa seluruh air yang berada di permukaan tanah akan mengalir menuju tempat terendah yaitu laut. Di laut, air tersebut terpapar panas sinar Matahari sehingga penguapan terjadi. Penguapan ini membuat air yang berbentuk cair itu berubah bentuk menjadi uap air sehingga uap-uap tersebut bisa melayang-layang di udara. Uap ini terus bergerak ke atas, dan berkumpul satu dengan yang lainnya. Semakin lama semakin banyak uap air yang berkumpul. Kumpulan uap air inilah yang sering kita sebut dengan awan.
Uap air yang terus naik ke lapisan atmosfer yang lebih tinggi akan mengalami pendinginan sehingga terjadi perubahan wujud menjadi titik-titik air. Titik-titik air tersebut semakin lama semakin besar dan mencapai kondisi jenuh. Kondisi jenuh terjadi ketika awan sudah tidak lagi kuat menampung begitu banyak titik air sehingga ia pun turun dalam bentuk hujan. Jadi, hujan secara otomatis terjadi karena awan sudah melewati titik jenuhnya, dan tentu juga dipengaruhi oleh gaya gravitasi Bumi.
Nah sobat, semoga kumpulan contoh explanation text yang telah kami sajikan dapat lebih memahamkan sobat semua tentang teks eksplanation dan cara membuatnya. Apabila sobat sekalian masih ingin melihat contoh explanation yang lain, silahkan klik link-link di bawah ini:

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel