Contoh Descriptive Text Tentang Hewan Singkat Beserta Generic Structure dan Artinya

Contoh Descriptive Text Tentang Hewan Singkat Beserta Generic Structure dan Artinya – Apakah kalian punya actor favorit? Seperti apa orang nya? Ketika pertanyaan seperti itu muncul, jawaban yang kalian beri pasti menggambarkan rupa atau pun sifat mereka misalnya cantik, ceria, tinggi, dan lain-lain. Bagaiman jika dalam bahasa inggris? Nah, materi yang akan kita bahas kali ini juga berhubungan dengan cara menggambarkan orang, benda, binatang, atau juga tempat. Yups benar, Bahasan kali ini adalah tentang text descriptive. Seperti biasa, kita akan membahas tentang teks descriptive secara lengkap mulai dari pengertian, general structure, ciri-ciri dari descriptive text juga contoh text descriptive singkatnya lengkap yang juga dilengkapi dengan artinya.  

Pengertian Descriptive Text

Sebelum masuk ke bahasan tentang pengertian descriptive text, ada baik nya kita mengetahui apa arti dari kata “descriptive” itu. Descriptive adalah adjective atau kata sifat yang berarti “menggambarkan”. Jadi bisa dibilang Descriptive text adalah text yang menggambarkan atau mendeskripsikan tentang sesuatu seperti orang, hewan, benda, atau tempat, baik dari bentuk, ukuran, ataupun, warna.
Tujuan dari teks deskriptif adalah tentu saja memberi gambaran tentang sesuatu sehingga pembaca dapat mengetahui seperti apa sesuatu seperti orang, hewan, atau benda yang sedang dibicarakan.

Generic Structure Descriptive Text

Selanjutnya adalah mengenai general structure dari teks ini. Setiap text memiliki struktur penulian nya masing-masing seperti halnya descriptive text yang memiliki struktur penulisan yang harus dibuat secara berurutan. Descriptive text memiliki dua bagian sebagai struktur penulisannya yaitu identification dan description. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai general structure dari teks descriptive
1. Identification
Identification adalah paragraph pertama dari descriptive text. Ini berisi tentang pendahuluan atau pengenalan umum terhadap apa yang akan kita gambarkan di dalam teks deskriptif tersebut sehingga apa yang sesuatu yand dimaksudkan akan jelas dan tidak salah.
2. Description
Setelah memberi pengenalan di paragraph pertama (identification), diparagraf selanjutnya kita dapat menyebutnya sebagai “description”. Pada bagian ini akan digambarkan mengenai bentuk, ukuran, warna, maupun sifat-sifat yang melekat pada orang, hewan, atau benda yang dibicarakan. Atau dengan kata lain, ini adalah bagian isi dari teks tersebut.

Ciri-ciri Kebahasaan Descriptive Text

Teks descriptive memiliki ciri-ciri nya sendiri sehingga kitaa dapat mengenali nya. Nah dibawah ini adalah ciri dari descriptive text yang ada didalam teks tersebut:
1. Menggunakan present tense
Teks descriptive menggunakan present tense sebagai tenses nya. Hal ini dikarenakan present tense adalah teks yang digunakan untuk menjelaskan keadaan saat ini,fakta, serta kebenaran umum yang ada pada orang, hewan ataupun benda.
2. Banyak dijumpai adjective
Karena teks ini memberi gambaran tentang sesuatu, tentu saja adjective atau kata sifat seperti misalnya handsome, cute, tall, small, dll akan muncul pada descriptive text.

Contoh Descriptive dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut ini kami sertakan contoh singkat dari descriptive text yang kira nya bias menjadi referensi bagi teman teman yang sedang mempelajari text ini.
My Cat
Do you have a pet? I have a pet in my home. It is a little cat. I give him a name, Jelly. I got him from my sister on my eighth birthday three mouth ago.
Jelly has white black color. He has a long tail that is cute for me. My cat is clean and cute because I always clean him. I often play a small ball with him, and he will see and catch the ball if I throw it. When jelly feels hungry, he will rub his body on my feet. I think that Jelly is a lovely cat.       
Artinya:
Kucingku
Apakah kamu punya peliharaan? Aku punya peliharaan dirumah. Dia adalah seekor kucing kecil. Aku memberi nya nama, Jelly. Aku mendapatkan nya dari saudara perempuanku di lang tahunku yang ke delapan tiga bulan lalu.
Jelly berwarna hitam putih. Dia punya ekor yang panjang yang lucu menurut ku. Jelly itu bersih dan lucu karna aku selalu membersihkan nya. Aku sering bermain bola kecil dengan nya, dan dia akan melihat dan menangkapnya jika aku melemparnya. Ketika jelly merasa lapar, dia akan mengusapkan badan nya di kakiku. Aku piker jelly itu kucing yang cantik.

Nah demikianlah gambaran tentang contoh descriptive text yang kami sajikan pada posting ini. Tentu masih banyak lagi contoh teks descriptive yang bisa sobat semua lihat seperti : descriptive text about place, descriptive text about person, descriptive text about animal, etc. Untuk melihat contoh monologue text koleksi berbahasainggris.com lainnya, silahkan cek link ini.

2 Contoh Explanation Text dan Artinya

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel